teks pidato sabar

SABAR
والسلام عليكم.... الح

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ اَنْزَلَ اْلقُرْاَن
الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ صَاحِبِ اْلبَيَانِ
وَعَلَى اَلِه وَصَحْبِه الَّذِيْنَهُمْ سَعِدُوْ فِى الْجَنَانِ
اَمَّابَعْدُ.
Hadirin wal hadirat rahimakumullah

“hadirat al- qudus” merupakan salah satu surga yang paling dicintai Allah Swt. Surga itu, dihadiahkan bagi manusia yang ketika hidupnya selalu menerima musibah dari Allah dan menerima kenikmatan serta rizki dengan bersyukur. Itu, dapat menjadi motivasi bagi kita agar menghadapi segala ujian dengan tabah, walaupun musibah semakin melimpah, penyakit semakin mewabah. Banjir datang bagi air bah, bahkan gempa pun ikut menggoyah. Kalau sudah seperti ini, apa yang dapat kita lakukan? Mungkinkah kita menyalahkan Tuhan? Oleh sebab itu, topic yang akan saya angkat pada kesempatan ini adalah “sabar” sebagai penawar.

Hadirin wal hadirat rahimakumullah

Dizaman globalisasi ini, yang katanya serba modern, serba instant, serba canggih, serba mutakhir, manusia tak lagi direpotkan dengan masalah-masalah teknologi, tapi,,dibalik semua itu, justru dunia semakin menampakkan kejenuhannya pada kita. Lihatlah,, musibah dimana-mana, bencana alam pun tak jarang terjadi, tsunami, longsor, banjir, gempa bahkan penyakit-penyakit yang dulu tak pernah kita lihat, kini seakan bergantian muncul ke permukaan. Apakah ini ujian ataukah peringatan??
Ingat hadirin, Allah menyatakan dalam al-Quran surat Ar-rum: 4
ظَهَرَ اْلفَسَاد فِى اْلبَرِّ وَاْلبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِ النَّاسِ

Kerusakan yang nampak di daratan dan di lautan itu akibat ulah tangan manusia juga. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga akhlak kita, perbuatan kita, dan tangan kita, agar alam pun bersahabat dengan kita. Tapi, apabila sudah seperti ini, maka “sabar” menjadi obat penawar. Sabar dalam ujian, sabar dalam musibah, sabar dalam berbuat dan sabar dalam maksiat tentu akan menutup jalan menuju kerusakan. Tapi dibalik sabar tentu harus ada ikhtiar agar kita dapat memperbaiki kerusakan itu.




Hadirin walhadirat rahimakumullah

اِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْنَ

“sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”, oleh sebab itu serahkan semuanya kepada Allah Swt. Tak ada lagi tempat berlindung selain kepada-Nya. Jadi, marilah kita sama-sama mendekatkan diri kepada Allah dengan bersabar, agar hati tetap terjaga dan perbuatan semakin lebih berharga.

Hadirin walhadirat rahimakumullah

Sekian, uraian dari saya, mudah-mudahaan bias bermanfaat,terima kasih atas perhatiaannya.

Kalau ada jarum yang patah
Jangan disimpan dalam laci
Kalau ada kata-kata salah
Jangan coba-coba lapor polisi


والله الموافق الى اقوام الطريق
والسلام عليكم.... الح

2 komentar:

asfahul muhib mengatakan...

eyyy apiikkkk, ane copy ya mbak.....

Faisol Hezim mengatakan...

sippp neng

Poskan Komentar