Dakwah yang Ideal Bagi Masyarakat Di Zaman Sekarang

Disela-sela kesibukannya Drs. Aang Ridwan, M.Ag salah satu dosen fakultas dakwah UIN SGD Bandung menguraikan pendapatnya berkaitan dengan dakwah yang ideal di zaman sekarang. “Dakwah yang ideal di zaman sekarang dapat terwujud apabila seluruh unsur dakwah juga berjalan dengan ideal, Da’i misalnya. “Da’i yang ideal bukanlah dai yang materialistik, tapi yang ahli dibidangnya”, ujar Aang di ruang kuliah PMI (9/12). Begitupun materi dakwah. Menurutnya materi dakwah yang ideal yaitu materi yang aktual, up to date, dibutuhkan oleh masyarakat sekarang, bersifat universal, tidak konfliktual, dan bisa membangkitkan tiga aspek, yaitu kognitif, afektif dan rekreatif.
Selain da’i dan materi yang ideal, menurut dia mad’u juga harus resfektif, begitupun metode dakwahnya. “Metode dakwah yang ideal yaitu yang bisa menyampaikan ajaran islam dengan baik, tidak selalu monolog atau itu-itu saja”, ujarnya. Karena menurut Aang metode seperti itu adalah metode yang masih bersifat tradisionalis. Dari uraian yang dipaparkan, unsur sarana juga tak lupa ia bahas. Menurutnya, sarana dakwah yang ideal bukan hanya dialakukan ditempat peribadahan seperti mesjid, majelis ta’lim dll. tapi juga bisa dilakukan ditempat lain contohnya di tempat shalat mall-mall yang biasanya tidak disediakan sarana yang baik, sebenarnya mereka yang berada di tempat seperti itu juga membutuhkan dakwah.
Ketika ditanya mengenai unsur media dakwah melalui TV (film atau sinetron) menurutnya itu merupakan media yang sangat efektif. Sinetron atau film menurut Aang mempunyai daya jangkau yang luas dan memiliki daya tarik yang tinggi. Contohnya film “laskar pelangi” yang ia nilai mempunyai muatan religius yang besar, walaupun tidak menyebut dirinya sebagai film dakwah. “Media televisi menjadi PR kita sebagai calon da’i”, ujarnya.

1 komentar:

Iwanfidkom mengatakan...

Askm sudah bagus, tapi teks ayat Al-Qur'an ga bisa dibaca silakan diperbaiki, jumlah pengunjung minimal 200, silakan promosikan terus blog anda, dan jumlah link blog teman minimal 15 orang dari teman sekelas, terimakasih nilainya baru C+, masih banyak ruang kosong silakan diisi dengan naskah lainnya, dan naskah dapat divariasikan selamat bekerja waskm

Posting Komentar